CETAK ANIMATOR HANDAL MELALUI PROGRAM INKUBASI AKSELERASI TECHNO PARK

Berlangsung di Gedung Cimahi Techno Park (14/03/19) dilaksanakan Kick Off Program Inkubasi dan Akselerasi Techno Park Tahun 2019. Kegiatan Kick Off Program Inkubasi dan Akselerasi Techno Park ini menjadi kali ketiganya yang sudah dilaksanakan dari tahun 2016. Peserta kegiatan Kick Off Program Inkubasi dan Akselerasi Techno Park sebanyak 200 orang yang 55 orang diantaranya merupakan peserta terseleksi inkubasi yang akan menjalani inkubasi selama 12 bulan.

Tamu undangan dari unsur pemerintah dari (OPD terkait di lingkungan Pemerintah Kota Cimahi, BPPT RI, Kemenkoinfo RI), dari unsur akademisi (UNJANI, STIE Ekuitas), dari unsur Bisnis dan dari unsur Komunitas Kreatif. Dihadiri juga oleh Wali Kota Cimahi, Ajay. M. Priatna sekaligus membuka secara resmi Kick Off Program Inkubasi dan Akselerasi Techno Park.

Kick Off Program Inkubasi dan Akselerasi Techno Park ini dilaksanakan sebagai media mensosialisasikan kepada stakeholder dan lapisan masyarakat dalam pelaksanaakn program inkubasi akselerasi di Cimahi Techno Park. Sama seperti tahun sebelumnya, program inkubasi akselerasi tahun 2019 ini melibatkan 4 (empat) pilar penting di Kota Cimahi yang dinamakan Katerpilar Hi Park dimana didalamnya terdapat Akademisi, Bisnis, Komunitas dan Pemerintah.

Rangkaian acara hari ini juga dilaksanakan penandatanganan MOU antara Pemerintah Kota Cimahi dalam hal ini Dinas Perdagangan Koperasi UKM dan Perindustrian Kota Cimahi dengan Cubic, STIE Ekuitas, Koperasi Techno Creative dan Bankop dan dilanjutkan pemberian materi mengenai Creativepreneur oleh Dwi Indra Purnomo (Akademisi dari FTIP UNPAD) dan Rey Nur Rahman (Penggerak Ekonomi).

Di Ruang Cimahi Techno Park juga baru saja dimulai tanggal 12 Maret 2019 Pelatihan Animator 2D bersama dengan Balai Diklat Industri Denpasar yang diikuti 25 orang peserta yang didalamnya adalah anak-anak muda kreatif Kota Cimahi. Pelatihan Animator 2D ini akan berlangsung selama 30 hari kedepan.

Program Inkubasi Akselerasi 2019 ini nanti akan dilaksanakan di Gedung Cimahi Techno Park. Dimana sudah kita ketahui bahwa Cimahi Techno Park ini menjadi pusat kawasan pengembangan pelaku ekonomi lokal terutama yang berbasis ekonomi kreatif. Diharapkan setiap aktivitas di Cimahi Techno Park dapat meningkatkan Kompetensi Sumber Daya Manusia di Kota Cimahi juga meningkatkan daya saing produk unggulan pelaku UKM Kota Cimahi serta? start up yang nantinya akan didampingi secara intensif melalui program inkubasi.

Selain itu, Disdagkoperin Kota Cimahi sedang menjajaki secara intens dengan salah satu gerai oleh-oleh Skala Nasional yaitu Bandung Kunafe. Diharapkan para pelaku UKM di klaster makanan minuman, fesyen, dan kerajinan dapat turut mempromosikan produk-produk Kota Cimahi. Dua hari yang lalu, Disdagkoperin juga bertemu dengan penggiat animasi dunia Walt Disney bersama dengan Asosiasi Industri Animasi Indoesia (AINAKI). Secara eksplisit disampaikan bahwa Walt Disney tertarik dengan perkembangan animasi di Kota Cimahi. Ini menjadi langkah besar dalam perkembangan animasi di Kota Cimahi. Pemerintah Kota Cimahi selalu berusaha mengoptimalisasi Sumber Daya Manusia terutama anak-anak muda yang bergerak di bidang inudstri kreatif untuk menjadi Sumber Daya Manusia yang diharapkan dapat ?berkontribusi dalam pembangunan industrI animasi di Kota Cimahi. Semoga dengan kegiatan program inkubasi akselerasi 2019 yang akan dilaksanakan kedepannya dapat menciptakan bibit-bibit animator handal juga para pelaku ukm yang memiliki daya saing produk unggulan Kota Cimahi.

SEMANGAT! Salam Inovasi! (Faroz Siska/Humas Publikasi)

Cimahi Techno Park

Author Cimahi Techno Park

More posts by Cimahi Techno Park

Leave a Reply