CIMAHI TECHNO PARK LAUNCHING DAN INDUSTRY GATHERING 2019

CIMAHI 24 September 2019, Bertempat di Gedung Cimahi Techno Park Jl. Raya Baros No.78 Cimahi Selatan, Pemerintah Kota Cimahi menggelar Cimahi Techno Park Launching yang dihadiri dan diresmikan oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI Prof. H..Mohamad Nasir., Ph.D.,Ak.

Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran dari Kemenristekdikti, BPPT, dan perwakilan dari Kemenko PMK, Bappenas RI, Kemenperin, Kepala Balai Diklat Industri, Pimpinan Daerah Kabupaten Pelalawan, Pimpinan Provinsi Jawa Barat yang diwakili Asisten Administrasi Umum, Perwakilan Kabupaten Pelalawan, Kota Pekalongan, Kabupaten Bantaeng,Pimpinan Daerah Kota Cimahi, beberapa pimpinan Universitas serta pelaku bisnis di Bidang Animasi, Telematika dan beberapa komunitas kreatif di Kota Cimahi. Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI Mohamad Nasir menandatangani prasasti Peresmian Cimahi Techno Park disaksikan Kepala BPPT RI di Cimahi Techno Park, Cimahi 24 September 2019.

Setelah beberapa tahun BPPT RI mendampingi Cimahi Techno Park mulai dari penyusunan Sistem Inovasi Daerah yang menetapkan 4 (empat) klaster industri yang menjadi fokus pendampingan Pemerintah Kota Cimahi (Telematika Animasi, Makanan Minuman, Tekstil Produk Tekstil, dan Kerajinan) serta menempatkan Klaster Telematika dan Animasi sebagai cikal bakal lahirnya Cimahi Technopark sebagai ekosistem penciptaan Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (Start Up). Dibangun pada tahun 2016 dan memulai kegiatannya di tahun 2017? Cimahi Technopark? berfungi sebagai hub pengembangan ekonomi kreatif dengan mengusung konsep Katerrpilar Hi Park (Kolaborasi 4 Pilar di Cimahi Technopark). Kolaborasi ini lahir sebagai semangat tumbuh bersama memaksimalkan potensi setiap pilar dalam membangun perekonomian kota. Program utama yang dilaksanakan di Cimahi Techno Park adalah? INKUBASI dengan tujuan untuk melahirkan start up/perusahaan berbasis teknologi dan AKSELERASI yang bertujuan untuk mempercepat para pelaku usaha naik kelas.? Berbagai kegiatan sub sektor kreatif lainnya juga dilaksananakan mendukung kegiatan utama seperti : festival, seminar, pelatihan dan lain lain yang sampai dengan tahun 2018? sudah dilaksanakan 668 kegiatan di Cimahi Technopark.

Dukungan dan kolaborasi Pemerintah Pusat salah satunya BPPT yang selalu hadir mendampingi melalui program maupun dukungan sarana prasarana, pemerintah provinsi, Akademisi, komunitas, Bisnis dan Media serta pihak-pihak lain membuat Cimahi Technopark semakin dewasa menuju kearah kemandirian.

Disampaikan dalam sambutan Menteri Ristekdikti RI Prof. H..Mohamad Nasir., Ph.D.,Ak., target pembangunan 100 kawasan Sains dan teknologi di Indonesia, pemerintah baru mencapai 68 pembangunan kawasan dan teknologi dan dari 68 kawasan Sains dan teknologi tersebut baru 16 kawasan yang dinyatakan baik, Cimahi Techno Park merupakan salah satunya. Cimahi Technopark terpilih menjadi Technopark yang di resmikan merupakan salah satu dampak dari berbagai prestasi yang telah diperoleh, diantaranya adalah sebagai kawasan Sains dan teknologi yang mendapat predikat Madya dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Selanjutnya, Cimahi Techno Park diminta untuk berkompetisi untuk dapat mendapatkan insentif bantuan dari Pemerintah Pusat melalui Kemenristek Dikti untuk pendampingan pada tahun-tahun yang akan datang.

Dalam sambutannya Menteri Ristekdikti mendorong keberadaan Cimahi Techo Park harus bisa membangun masyarakat Global menjadi lokal untuk mengangkat ekonomi masyarakatnya. Salah satunya dalam penciptaan ide yang tidak harus selalu mengacu keluar negeri tapi bisa dikembangkan dari lokal konten.? Dan sesuai dengan tagline acara peresmian ini yaitu together grow up and be unstoppable, Menteri Ristekdikti juga menyampaikan bahwa dalam pengembangannya technopark? membutuhkan SDM dan biaya yang tidak sedikit karena itu harus didukung ekosistem yang baik dan selalu berkolaborasi dengan berbagai pihak.

Peresmian Cimahi Technopark ini menjadi kebanggaan Kota Cimahi, Wakil Walikota Ngatiyana mengungkapkan dari 100 technopark, Cimahi technopark diresmikan langsung oleh Kemenristekdikti. Kedepan diharapkan technopark bisa memberikan kesempatan kepada anak anak muda ?menjadi sarana inkubasi dan akselerasi untuk berkreasi dan berinovasi. Saat ini Cimahi technopark telah melahirkan 19 start up dibidang telematika, animasi, kerajinan, dan makanan minuman olahan.

Kegiatan dilanjutkan dengan beberapa rangkaian acara yaitu tinjauan Stand Expo Information Technology kreatif di Kota Cimahi dan Industry Gathering 2019 yang diisi dengan pitching dan sharing session dari beberapa para pelaku bisnis animasi dan telematika di Kota Cimahi antara lain. Acara sharing session yang menghadirkan pembicara dari Kemenristek, Kepala Disdagkoperin Kota Cimahi dan CEO PT. Kumata menghasilkan rumusan bahwa Technopark dapat berfungsi sebagai hub untuk menjembati kebutuhan semua stakeholder melalui kolaborasi, dan konsep Cimahi Techno Park ini sangat memungkinkan untuk di replikasi di technopark-technopark lainnya.

Sementara dalam kegiatan pitching diisi oleh start upstart up Kota Cimahi diantaranya Kaaba, Ayeuna Studio, Sekolahan.id, PT. Helpy dan Ledino. Dalam pitching yang dilakukan baik dalam acara Industry Gathering yang diselenggarakan di Cimahi Technopark Convention Hall, sudah terdapat beberapa komunikasi yang terjadi, salah satunya adalah rencana kolaborasi dari salah satu tenant Inkubasi Cimahi Techno Park (Sekolahan.id) dengan INTEL Jabar untuk pengembangan Hardware dan IoT. Sebelumnya para peserta expo telah melakukan pitching dengan perwakilan Kerajaan Sarawak yang menghasilkan kerjasama dalam bidang IoT dan pengembangan Smart City Cimahi yang akan di adaptasi di Sarawak.

Cimahi Techno Park ini diharapkan dapat menjadi wadah penghubung antara Akademisi, Bisnis, Komunitas, Pemerintah dan Media yang nantinya dapat berkolaborasi untuk menumbuhkan perekonomian lokal Kota Cimahi khususnya dan membina para start up dibidang animasi dan telematika.

Cimahi Techno Park

Author Cimahi Techno Park

More posts by Cimahi Techno Park

Leave a Reply