DIKLAT 3in1 2D ANIMATE DI CIMAHI TECHNO PARK

Balai Diklat Industri (BDI) Denpasar bekerjasama dengan Nusaedu dan Cimahi Techno Park menyelenggarakan Diklat 3in1 2D Animate. Kegiatan Diklat ini diadakan selama ? 45 hari terhitung mulai tanggal 14 Maret 2019 di Gedung Cimahi Techno Park. Diklat 3in1 2D Animate ini pertama kalinya dilaksanakan di Kota Cimahi, karena melihat antusias anak-anak muda Kota Cimahi yang berbakat dalam bidang Animasi untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang dilaksanakan BDI Denpasar ini.

Sebanyak 120 orang peserta mendaftar untuk mengikuti Kegiatan Diklat 3in1 ini dan hanya 25 orang peserta yang lolos seleksi (22 orang dari Kota Cimahi, 3 orang dari Luar Kota Cimahi) untuk mengikuti Kegiatan Diklat 3in1 2D Animate. Narasumber kegiatan Diklat ini merupakan anggota dari AINAKI (Asosiasi Industri Animasi Indonesia) yaitu sebuah organisasi berbadan hukum yang mewakili para pelaku industri animasi dan kreatif di Indonesia dalam mengembangkan, meningkatkan mutu dan memasarkan konten lokal sehingga menguasai pasar lokal maupun menembus pasar internasional.

Selama pelatihan, peserta diajarkan bagaimana membuat background dan animate dalam 2D Animasi juga bagaimana cara menggerakan Animasi 2 Dimensi tersebut. Diklat 3in1 terbilang sangat cepat, 25 orang peserta yang terbagi dalam beberapa kelompok membuat Opening Film Animasi Neng Dewi. Fyi, Neng Dewi ini adalah film animasi hasil karya anak-anak muda Kota Cimahi sekaligus Tokoh Neng Dewi ini akan dijadikan Intelectual Property (IP) Kota Cimahi.

?Diharapkan setelah dilaksanakannya Diklat 3in1 2D Animate ini, anak-anak muda Kota Cimahi kembali pioneer mengembangkan animasi di Kota Cimahi. Dengan adanya Cimahi Techno Park dan fasilitas yang disediakan sebenernya tinggal mau atau tidaknya generasi muda Cimahi kembali mengembangkan Industri animasi di Kota Cimahi?, Ucap Taufik Aji (Instruktur Animasi 3 Dimensi, Nusaedu)

Peserta yang sudah mengikuti Diklat 3in1 2D Animate ini akan menerima sertifikat yang nantinya dapat digunakan sebagai persyaratan pendukung dalam dunia kerja. Melalui Kegiatan Diklat 3in1 ini, Balai Diklat Industri (BDI) Denpasar, Nusaedu dan Cimahi Techno Park mendukung dalam mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) Industri Kreatif Digital di Kota Cimahi yang diharapkan dapat melahirkan start up baru yang inovatif dan kreatif dan membangun Kota Cimahi sebagai Kota Animasi. (Faroz Siska/ Humas Publikasi)

Cimahi Techno Park

Author Cimahi Techno Park

More posts by Cimahi Techno Park

Leave a Reply